06 April, 2010

Pelajaran Ketiga


Artinya :
Diriwayatkan oleh Jabir ra. Bahwa Rasulullah saw. bersabda, bahwasanya Allah swt telah menganugrahkan kepadaku lima hal keistimewaan yang tidak diberikan kepada seseorang nabi sebelumku, yaitu : pertama aku dianugrahkan kegagahan pengaruh sekitar daerah seluas sebulan perjalanan, kedua telah dijadikan bagiku seluruh bumi ini sebagai mesjid dan jalan untuk bersuci, ketiga telah dihalalkan bagiku harta benda hasil perang yang tidak dihalalkan bagi seorang nabi sebelumku, keempat aku telah dianugrahkan makam syafa’at disisi Allah swt., dan kelima sebelumku tiap-tiap nabi diutus khusus untuk bangsanya sendiri saja tetapi aku diutus untuk seluruh ummat manusia ( Bukhari)

Penjelasan.
Di dalam hadits ini diterangkan lima keunggulan yang istimewa dari pada Yang Mulia Rasulullah saw yang membuktikan kamuliaan Beliau saw. dan kasih sayang Allah yang luar biasa kepada Beliau saw. Keistimewaan yang pertama dari beliau saw.

Keistimewaan yang pertama dari beliau saw. ialah Beliau dikarunia oleh Allah swt. kegagahan pengaruh (ru’b) seluas wilaya perjalan sebulan. Dari sejarah islam memberi kesaksian yang sangat kuat, bahwa walaupun Nabi Muhammad saw ada dalam keadaan lemah dan miskin, tetapi setiap musuhnya sangat gemetar dari kegagahan yang Allah swt telah berikan kepada beliau saw. sehingga seringkali terjadi, bahwa musuh yang telah bersiap untuk menyerang Madinah, namun setelah ia mendengar bahwa Rasulullah saw walaupun dengan satu jemaah yang kecil akan mampu melawan, maka mundurlah musuh itu. Begitu pula ketika Rasulullah saw mengirimkan surat tabligh kepada seorang raja yang terbesar dalam zaman itu, yaitu Kaisar Roma dan setelah Kaisar mengetahui keadaan beliau saw raja itu berkata: kalau aku dapat bertemu dengan Nabi itu, aku akan menganggap diriku bahagia dengan dapat mencuci kaki beliau saw. saja.

Keistimewaan yang kedua dari Beliau saw. ialah bahwa seluruh bumi dijadikan sebagi Mesjid untuk beliau saw. oleh karena itulah seorang muslim dapat mengerjakan sholat dimana saja bila waktu sholat itu telah tiba dan seperti ummat-ummat lain ia tidak memerlukan suatu tempat yang khusus saja untuk sholat dalam keadaan itu. Kelonggaran yang semacam ini diperlukan supaya rencana perjuangan yang amat luas bagi orang-orang islam dapat dipermudah dengan sebaik-baiknya. Begitu pula bumi ini dijadikan jalan untuk kesucian bagi beliau saw, bahwa apabila sesorang muslim tidak mendapatkan air untuk wudhu, maka ia boleh bertayammum dengan tanah yang bersih untuk sholat. Hubungan antara air dan tanah ini dijadikan dengan mengingat kejadian Adam as, yang menurut peribahasa Al-qur’an dijadikan dari tanah yang basah.

Keistimewaan yang ketiga dari beliau saw. ialah kebalikannya dari syari’at-syari’at yang dahulu yang memberi perintah untuk membakar harta benda hasil perang, dalam syari’at beliau saw dihalalkan harta benda hasil perang( ghonimah). Peraturan ini mengandung hikmah demikian, pertama, supaya harta benda rampasan perang itu tidak akan hilang sia-sia, kedua supaya menjadi pelajaran bagi orang-orang zalim, bahwa kalau kamu akan menganiaya kepada orang lain, kemudian harta bendamu akan dirampas untuk diserahkan kepada orang-orang aniaya itu, ketiga supaya dalam masa islam menghadapi perang, orang-orang islam yang lemah itu dapat diberi kekuatan dengan jalan itu juga.

Keistimewaan yang ke-empat, ialah beliau saw diberi makam yang tertinggi dari pada syafaat Perkataan syafaat berarti jodoh. Menurut istilah ini syafa’at bukan bermaksud do’a yang biasa saja, melaingkan bermaksud satu tingkatan khusus dalam mana seorang yang dicintai oleh Allah swt, oleh karena pertaliannya yang akan berlipat dua ( yaitu perhubungan dengan Allah dan manusia, mendapat hak untuk mengajukan permohonan kepada Allah swt, supaya orang itu diterima oleh Allah swt. dan permohonan pengabulan ini bermaksud demikian : Bahwa ya Allah disatu pihak dengan nama pertalianku yang khusus dengan Engkau, dan difihak lain untuk makhluk-Mu atau mengemukakan kegelisahan hati dihadapanMu, aku mohon kepada-Mu supaya Engkau mencurahkan kasih sayang Mu kepada hamba-hambaMu dan memaafkan mereka.
Maka dalam hadits lain Rasulullah saw bersabda, bahwa pada hari kiamat apabila orang-orang akan gugup dan gelisah yang hebat dan ketika itu setelah putus pengharapan dari tiap-tiap jurusan, barulah mereka akan datang kepadaku, kemudian aku akan memberi syafaat kepada mereka dihadapan Allah swt dan syafaatku akan dikabulkan oleh-Nya.

Keistimewaan yang kelima dari beliau saw. ialah nabi-nabi yang dahulu diutus hanya kepada satu-satu bangsa yang tertentu saja, tetapi beliau saw diutus untuk segala bangsa diseluruh dunia. Inilah keistimewaan yang sangat agung dan satu keunggulan yang sangat mulia, maka tugas beliau saw. diluaskan untuk seluruh bangsa dan negeri dan sepanjang zaman serta beliau saw. ditetapkan sebagai penjelmaan yang lengkap dan sempurna dari Allah swt, sebagaimana satu Allah untuk seluruh Alam begitu pula berdiri satu nabi untuk seluruh dunia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.